buell harley davidson

Buell Harley Davidson Anak Yang Durhaka

Posted on 04/11/201701/10/2018Posted in Harley Davidson

Buell Harley Davidson – Harley Davidson dikenal sebagai salah satu brand motor paling diminati oleh para penggila motor. Pecinta motor juga pastinya mayoritas memilih Harley Davidson sebagai motor impian mereka. Di dunia kendaraan roda dua sendiri, dikenal 3 jenis motor. Jenis yang pertama adalah sport, yang kedua adalah klasik, dan jenis yang ketiga adalah Harley.

 

Harley bukanlah motor klasik atau sport. Harley adalah Harley. Begitulah kiranya pendapat dari beberapa pecinta motor khususnya mereka yang cinta mati dengan brand asal Amerika Serikat ini. Desain dari motor Harley memang kebanyakan adalah desain yang lebih kearah klasik seperti model bobber atau cruiser. Motor – motor dengan desain itulah yang diproduksi oleh Harley.

 

Meski klasik, tidak jarang pula model Harley yang dipadu-padankan dengan aksen Sport atau Racing. Hasilnya? Tidak mengecewakan, kalian bisa berkaca dari Sportster atau HD V-Rod. Namun, tahukah kalian jika HD sebenarnya juga memiliki desain motor yang ‘keluar jalur’ atau ‘menyimpang’ ?

 

Adalah desain bernama Buell yang banyak dikatakan sebagai desain Harley yang ‘keluar jalur’. Jika kebanyakan model Harley adalah Bobber atau Cruiser, tidak dengan Buell ini. Sebenarnya Buell bukan keluaran asli dari HD. Awal mula Buell adalah dari eks-teknisi dari HD sendiri. Buell terbentuk pada sekitar tahun 1983. Namun, tepat setelah berdiri (1993) HD mengakuisisi kepemilikan Buell sampai dengan 49 persen. Baru sepuluh tahun berselang, mayoritas kepemilikan Buell dimiliki oleh manajemen Harley Davidson.

 

Buell sendiri disetujui sebagai pencabangan dari HD sendiri. berbeda dari Harley Davidson, Buell Harley Davidson memiliki desain desain yang bisa dikatakan ‘menyimpang’ atau keluar jalur. Seperti dikatakan sebelumnya, jika HD memiliki mayoritas desain yang klasik, elegan dan menawan, Buell lebih memilih desain desain yang sporty dan lebih agresif. Tentu saja ini sangat berbeda dengan konsistensi Harley sendiri yang sampai saat ini masih berkutik di desain desain yang klasik. Buell pada tahun 2006 sudah berhasil memproduksi dan memasarkan 100 ribu motor.

 

Namun kerja sama yang sudah terjalin akhirnya berakhir pada tahun 2009 tepatnya pada oktober 15 dimana HD mengumumkan bahwa produksi Buell Harley Davidson dihentikan. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan fokus yang lebih baik untuk pengembangan produk produk asli HD. Selama perjalanannya, Buell juga sudah mengeluarkan banyak tipe atau produk yang sudah berhasil dipasarkan. Berikut adalah beberapa produk produk Buell yang sudah berkolaborasi dengan Buell.

  • RR 1000 Battletwin (1987-1988)
  • S2 thunderbolt (1994-1995)
  • S1 Lightning (1996-1998)
  • X1 Lightning (1999-2000)
  • S3 Thunderbolt dan S3T Thunderbolt (1997-2002)
  • M2 Cyclone (1997-2002)
  • Blast (2000-2009)
  • XB Series (2993 – 2010)
  • XB2 Type
  • 1125 Series (XB3)

 

Baca Juga Model Harley Davidson Terkenal.

Di atas adalah beberapa model atau produk yang sudah diproduksi oleh Buell. Dari banyaknya produk produk yang sudah diproduksi dan dikeluarkan oleh Buell, ada banyak sekali produk yang menggunakan model mesin V-Twin milik dari Harley Davidson. Ada beberapa model V-Twin 45 derajat milik Harley Davidson yang ditanamkan pada produk produk keluaran Buell ini.

RR1000 BattleTwin

 

 

Yang pertama adalah RR 1000 dengan V-Twin milik HD XR1000. Selanjutnya adalah S2 Thunderbolt yang menggunakan basis mesin milik Sportster. Yang memakai mesin basis sportster yang lainnya adalah XB Series. Produk produk keluaran Buell lainnya yang menggunakan mesin basis V-twin juga banyak namun Buell memberikan sedikit ubahan. Tentunya sebagai anak dari Harley Davidson, Buell adalah anak yang durhaka karena menggunakan desain desain yang benar benar berbeda dari Harley sendiri.