Macam-Macam Tipe Motor Harley Dari Berbagai Tahun

Posted on 04/10/201802/27/2018Posted in Harley Davidson

Motor jenis apa yang kalian sukai saat ditunggangi? motor bebek model jaman dahulu? motor matic yang lagi hits saat ini? motor semi bebek dengan teknologi MotoGP kekuatan agresif? motor sport dengan setara kekuatan kuda? motor trail tahan berbagai medan?atau motor gede yang lagi banyak digandrungi oleh para artis tanah air? Sewajarnya, semua jenis motor itu memiliki satu fungsi yang sama yaitu sebagai alat kendaraan bagi manusia dalam mempermudah maupun mempersingkat perjalanan.

Sebelum adanya mobil, motor menjadi alat kendaraan satu-satunya dan pertama kali yang di kendarai oleh manusia. Motorpun diciptakan untuk memudahkan aktifitas manusia dalam menjangkau jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perkembangan motor selalu diperhatikan dari jaman ke jaman. Sejak belum ditanamkannya mesin hingga terciptanya motor dengan daya listrik. Motor juga menjadi salah satu sumber inspirasi bagi tokoh penemu dalam pembuatan mobil.

Motor yang sangat terkenal di dunia dari tahun ke tahun ialah motor dengan merk Harley Davidson. Produksi motor ini memiliki banyak model dan jenis, diantaranya Harley Davidson jenis Touring, Harley Davidson jenis Cruiser, Harley Davidson jenis Softails, Harley Davidson jenis dyna, Harley Davidson jenis sportster, Harley Davidson jenis buell, Harley Davidson jenis V-Rod. Ketujuh jenis motor Harley Davidson tersebut dihargai berbeda-beda sesuai kualitas mesin dan kemampuan laju di jalanan.

Berikut ini penjabaran dari jenis-jenis motor Harley Davidson yang telah disebutkan di atas: pertama, motor Harley Davidson jenis touring atau sebutannya bagi orang Amerika ialah Baggers. Motor ini di desain memang diperuntukkan bagi pengendara dengan perjalanan jauh. Terlihat dari body depannya yang lebih tinggi dibandingkan bagian belakang. Selain itu, shoknya dibuat miring agar saat pengendara mengendarai jarak jauh tetap merasakan keseimbangan dan kelelahan bisa diminimalisir.

Bahkan, motor jenis ini juga disediakan kaca depan yang gunanya menghadang angin kencang langsung menerpa dada. Berat dari motor touring berkisar 400kg akibat dari pemasangan mesin dengan berbagai macam fungsi sesuai kebutuhan dalam motor ini. Walaupun, terlihat besar dan berat saat dipakainya, motor ini telah disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan jauh. Penggunanya pun dijamin tidak merasakan kelelahan berlebih dibandingkan dengan motor-motor produksi perusahaan lain.

Keunggulan dari motor touring terletak pada kecepatannya yang bisa menjangkau jarak 1km/5 menit. Kedua, motor Harley Davidson jenis cruiser modelnya memang disamakan dengan Harley Davidson jenis touring. Tetapi, jenis ini memiliki tampilan yang lebih elegan dan berani. Bedanya juga terltak dari kaca depan yang dipasangkan pada jenis motor touring, sedangkan motor cruiser tidak ada.

Bahkan, peletakkan dan pengemasan mesin bagian-bagiannya pun berbeda. Sebenarnya, motor Harley Davidson jenis cruiser masih termasuk tipe HD Softails. Ketiga, Harley Davidson jenis Softails yang tampilannya lebih terlihat tradisional dan etnik. Terlihat dari ciri khasnya yang memiliki dua knalpot dan terletak dibagian atas bawah saling bersampingan. Ditambah tampilan dari penggunaan ban yang begitu berbeda dengan jenis-jenis Harley Davidson lainnya.

Keempat, Harley Davidson jenis dyna yang memiliki sebutan lain yakni rubber mount. Terkenal dengan rubber mount karena ciri khasnya yang dipasangi shocbreaker dua di bagian depan sekaligus belakang dekat bagian ban depan. Jenis dyna juga hampir mirip dengan jenis softails sebab ada dua knalpot pula yang berbeda pada penempatannya saja.

Motor jenis ini lebih cocok bagi pengendara yang ingin mengendarainya sehari-hari di jalanan ibukota. Masih ada pula jenis sportster, V-rod, dan pula Buell. Ketiga jenis ini lebih mengarah pada model sport dan bentuk lebih gagah dibandingka lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *