Mesin V-Twin Milik Harley Davidson Yang Fenomenal

Posted on 06/19/201701/10/2018Posted in Harley Davidson

Mesin V-Twin – Baik orang orang yang suka ataupun tidak suka dengan kendaraan bermotor roda dua atau lebih akarab disebut motor pastinya tahu dengan salah satu brand bernama Harley davidson. Brand asal Amerika ini memang menjadi salah satu kiblat dari semua produsen motor dan juga pecinta motor. Bagaimana tidak, dengan desain yang masih konsisten yakni mempertahankan desain yang klasik dan elegan, Harley Davidson mamu menyihir para pecinta kendaraan roda dua ini.

 

Meskipun juga Harley juga sudah banyak menyihir orang orang yang dulunya tidak suka dengan motor menjadi suka dan ingin memilikinya. Pastinya semua yang membaca artikel ini juga adalah orang orang yang ingin memiliki atau minimal mengendarainya walaupun hanya sekali. Namun banyak orang berkata ‘tak kenal maka tak sayang’. Oleh karena itu, sebelum kalian memiliki atau mengendarai motor Harley Davidson kalian perlu mempelajarinya terlebih dahulu seperti apa sebenarnya Harley Davidson ini.

 

Jika kalian adalah penggemar moge (motor besar) pastinya kalian tahu dengan mesin Harley Davidson. Memang, mesin dari Harley adalah mesin yang unik. Lain dari yang lainnya. ya, mesin Harley adalah mesin yang dinamai dengan mesin V-Twin. Dinamai begitu karena memang desain dari mesin ini menyerupai huruf V. Dengan menggunakan dua silinder, masing masing silinder yang ada pada Harley davidson ini memiliki sudut sebesar 45 derajat yang membuat mesinnya khas.

 

Harley sendiri juga sudah memilii hak paten akan mesinnya yang berdesain V-twin dengan kemiringan 45 derajat satu dengan lainnya ini. Pertama kali Harley diproduksi oleh Bill Harley dan juga Arthur Walter Davidson pada tahun 1903, mereka belum menggunakan V-Twin melainkan masih menggunakan mesin satu silinder. V-twin baru lahir pada sekitar tahun 1909 sampai 1911. Penemuan mesin fenomenal yang sangat menawan ini melalui proses panjang. Para pendiri Harley harus melakukan percobaan pada 27 sepeda motor sampai akhirnya berhasil.

motor harley davidson f-head 1929

 

Akhirnya ini adalah pertama kalinya sebuah mahakarya bernama V-Twin 45 derajat berhasil dibuat dan melegenda sampai saat ini. setelah kelahiran pertama, HD meluncurkan V-twin lainnya yakni F-head. F-head sendiri banyak digunakan untuk tujuan komersil. Mesin ini juga banyak digunakan oleh para polisi pada waktu itu. Setelah F-Head, mesin selanjutnya yang dibuat oleh Harley Davidson adalah Flathead. Mesin ini diproduksi pada tahun 1929 sampai 1973. Disebut demikian karena memang ujung dari kedua silinder memiliki bentuk yang datar dan tidak ada katupnya.

 

Baca Juga Motor Touring Harley Davidson.

 

Untuk selanjuutnya, Harley Davidson kembali berinovasi dengan mengeluarkan tiga jenis mesin V-twin. Mesin mesin ini juga termasuk mesin yang banyak dicari sampai saat ini. mesin tersebut adalah knucklehead (1936 -1947), Panhead (1948 – 1465) dan Shovelhead (1966 – 1984).

panhead harley davidson

Popularitas V-twin semakin hari semakin menggila. Di era moder, brand kenamaan asal Amerika ini juga mesin mesin lainnya. adalah V-twin engan nama Evolution. Mesin Evo adalah mesin Harley pertama yang menggunakan bantuan dari komuter. Dengan sistem tersebut tentu saja teknologi dari mesin Evo semakin baik daripada pendahulunya karena dinilai lebih efisien namun memiliki torsi menggelegar.

 

Selanjutnya masih ada mewin Twin Cam dimana msein ini memiliki prose pendinginan yang lebih baik. terakhir adalah Milwaukee-Eight. Banyak yang menilai jika Milwaukee adalah mesin paling bertenaga dan paling dingin dari semua mesin milik HD. Itu tadi adalah perjalanan dari sebuah mahakraya bernama V-Twin 45 derajat milik Harley Davidson.