sejarah komunitas harley davidson indonesia

Sejarah Komunitas Harley Davidson Di Indonesia, HDCI

Posted on 08/11/201701/10/2018Posted in Harley Davidson

Komunitas Harley Davidson di Indonesia – Untuk pecinta motor, pastinya motor dambaan dan motor impian yang selalu diidam idamkan adalah motor dengan brand ternama asal Amerika Serikat. Ya, benar sekali. Adalah Harley Davidson yang merupakan motor impian dari semua pecinta motor di seluruh dunia ini. Tentu saja ini wajar karena pesona dari sebuah produk keluaran Harley Davidson selalu sukses membius semua pecinta motor di dunia. Di Indonesia sendiri banyak juga yang sudah memiliki mahakarya keluaran HD.

 

Mungkin kalian juga sering rombongan pengedara Harley yang tergabung dalam sebuah wadah melakukan touring atau perjalanan menuju suatu tempat atau acara. Sebagai motor yang sangat mewah dan memiliki peminat yang banyak, di Indonesia tepatnya pada tahun 1960-an mulailah dibentuk sebuah komunitas yang mewadahi pemilik dari produk produk Harley ini. Pada masa itu, ada beberapa wilayah yang memiliki komunitas sebagai bentuk wadah yang terstruktur bagi para pecinta Harley.

 

Daerah daerah yang dimaksudkan adalah jakarta (HCD), Bandung (HCB), Cirebon (HCC), Semarang (HCS) dan masih beberapa kota lainnya. komunitas komuitas yang sudah disebutkan tadi adalah awal mula atau embrio dari komunitas besar di Indonesia yang mewadahi pecinta HD yakni Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang masih eksis sampai saat ini.

 

HDCI yang dimana ini dijadikan sebagai wadah bagi para pecinta motor Harley di seluruh Indonesia ini terbntuk pada tahun 1990an. Tepatnya pada tanggal 28 Mei pada waktu itu, diadakan Musyawarah Harley Club di Bandung. Hasil dari musyawarah itu adalah awal terbentuknya HDCI atau Harley Davidson Club Indonesia. Tentu saja dengan adanya wadah bagi para pecinta moge keluaran Harley ini menjadikan para pecintanya semakin mudah karena bisa bertemu dengan sesama pecinta Harley lainnya.

logo HDCI

 

Baca Juga 5 Motor Harley Davidson Paling Mahal di Indonesia.

Pada waktu itu, salah satu penggagas atau pendiri dari HDCI adalah A. Sentani, SH. Selain beliau, pembetukan HDCI juga diprakarsai oleh beberapa orang lain seperti Dading Kalbuadi, Indro Warkop, Ibnu Soebroto, dan masih banyak tokoh tokoh lainnya yang juga ikut berperan serta dalam pembentukan komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ini. dari awal terbentuknya komunitas HDCI sendiri, komunitas ini sudah melakukan lima kali pergantian ketua umum.

 

Periode pertama yang menjabat sebagai ketua dari Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) adalah Marsda TNI (Purn) Ibnu Soebroto. Periode pertama berlangsung selama 5 tahun (1990 sampai 1995). Periode selanjutnya, Ketua umum digantikan oleh Hindarto (1995 sampai 2000). Baru pada periode selanjutnya yakni 2001 sampai dengan 2005, penggagas HDCI yakni A. Sentani, SH menjadi ektua umum. Namun dalam periode ini ketua hanya dipegang efektif selama 5 bulan karena terjadi masalah di internal komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).

 

Yang terpilih sebagai ketua umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI)  periode selanjutnya adalah Letjen TNI (Purn) R. Soeyono yang menjabat pada tahun 2006 sampai dengan 2011. Pemegang kendali kembali beralih ada tahun 2011 akhir dimana Komjen Polisi. Drs. Nana Soekarna yang mengantikan sampai pada 2016. Selama berdiri, komunitas ini memiliki banyak sekali kegiatan kegiatan positif mulai dari bantuan kepada korban banjir, dan beraneka kegiatan sosial lainnya. Jelas, komunitas yang bersifat positif seperti HDCI ini perlu dicontoh dan dilestarikan. Itu tadi adalah sedikit informasi mengenai komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *