sejarah harley davidson

Sejarah Singkat Harley Davidson

Posted on 01/10/201701/10/2018Posted in sejarah

Siapa yang tidak kenal dengan sebuah mahakaya bernama Harley Davidson ? Mungkin hampir seluruh manusia terutama para pria sangat mengenal nama tersebut. Harley Davidson adalah sebuah kendaran bermotor yang sangat melegenda. Mungkin juga hampir semua laki laki di dunia ini adalah mereka yang selalu mengimpikan atau mendambakan sesosok Harley Davidson.

 

Sebagai sebuah sepeda motor yang sangat banyak diimpikan oleh para laki laki, perjalanan Harley Davidson untuk mencapai tingkat popularitas seperti saat ini tentu saja sangatlah panjang. Bagi anda sekalian yang cinta dengan mahakarya bernama Harley Davidson, maka anda bisa menyimak bagaimana perjalanan sang legenda hidup dalam dunia permotoran dunia ini memulai awal karirnya sampai seperti saat ini.

 

Sejarah Harley Davidson

Awal mahakarya bernama Harley Davidson tercipta adalah bermula dari daerah bernama Milwaukee yang dimulai pada tahun 1903. Pada tahun tersebut, Bill Harley dan juga Arthur Walter Davidson, dua orang itu sedang mengembangkan sebuah sepeda motor dengan menggunakan satu silinder. Baru pada tahun 1905 motor hasil karya dua orang tersebut dibeli oleh seorang yang suka dengan produknya. Selanjutnya pada tahun 1908 Bill dan Arthur berhasil menjual kurang lebih 154 motor.

 

Dari banyaknya peminat karya keduanya, akhirnya Bill dan Arthur emiliki sebuah pabrik yang hanya berdiri dari sebuah papan kayu. Pabrik tersebut adalah milik dari ayah dari Arthur. Dalam perkembangannya, akhirnya William, yang juga keluarga dari Arthur Davidson mulai bergabung. Pada tahun 1909, Bill melakukan sebuah proyek bernama V-Twin 1000cc. Pada waktu itu, mesin karya dari Bill mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7 hp.

harley davidson 2 engine pertama

Mesin inilah yang menjadi awal mula dari mesin V-Twin 45 derajat dari Harley saat ini. selanjutnya berlanjut pada tahun 1912 dimana ini adalah fase fase perkembangan pesat dari sebuah produk mahakarya yang melegenda. Pada tahun itu saja, di Amerika sudah ada 200 dealer dan penjualan Harley sudah mulai di ekspor ke Jepang.

 

Seusai masa masa jayanya, pada tahun 1918 mengalami masa masa yang sangat sulit. Pada tahun tersebut, salah satu produsen mobil yakni Ford meluncurkan mobil terbarunya yakni T-Ford dimana mobil ini adalah mobil yang murah. Dengan harga yang sangat murah inilah, motor mulai ditinggalkan karena dinilai mulai ketinggalan jaman.

Baca Juga Pesona Memukau Harley.

Fase penting yang selanjutnya terjadi pada tahun 1930. Pada tahun inilah logo sayap terbang (yang dipakai sampai saat ini) mulai digunakan atau digambar pada tangki motor. Masih di tahun yang sama, Harley mengenalkan motor trike (roda tiga) yang dimana motor ini dikenal juga sebagai motor service-car.

 

Motor ini banyak digunakan untuk kepentingan komersil dan kepentingan bagi kepolisian. Masa suram bagi Harley kembali hadir pada tahun 1950. Pada tahun ini, Harley kalah saing dengan motor pabrikan inggris (Triumph) yang saat itu berhasil menguasai 40% pangsa pasar, Harley kembali bisa keluar dari masa masa sulit setelah ada tahun 1957, Sportster keluar. Sportster adalah motor Harley tercepat pada waktu itu. Sampai pada saat ini, motor Harley adalah motor yang sangat didambakan oleh para pria.

 

Dengan sejarah Harley Davidson yang sangat panjang, produk produk yang sangat ekslusif dan juga memiliki bentuk klasik yang masih tetap dipertahankan sampai saat ini, Harley berhasil menjadi salah satu maskot terbaik dalam dunia motor. Di Amerika sendiri, Harley berhasil menguasai 62% pangsa pasar motor dengan cc diatas 850cc.